Sel Induk Pembunuh HIV Telah Ditemukan

Sel Induk Pembunuh HIV Telah DitemukanSel Induk Pembunuh HIV Telah Ditemukan. Peneliti berhasil menemukan sel induk hasil rekayasa yang bisa membunuh virus HIV. Para Peneliti di Universitas Califirnia, Amerika Serikat, mengatakan, mereka telah menunjukkan bahwa sel induk rekayasa genetika dapat menyerang sel yang terinfeksi HIV dalam organisme hidup.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi molekul yang dikenal sebagai reseptor sel T. Kemudian kloning itu memandu sel T dalam mengenali dan membunuh sel yang terinfeksi HIV dan menggunakannya secara genetik untuk dimasukkan ke dalam sel induk darah manusia.

Ketika sel-sel ditempatkan dalam jaringan manusia yang telah ditanamkan pada tikus, sel tersebut berkembang menjadi populasi besar. Akhirnya, secara khusus populasi tersebut dapat menargetkan sel yang mengandung protein HIV.

Para peneliti telah merekayasa sel darah induk manusia dengan cara yang sama. Para peneliti menemukan bahwa mereka dapat membentuk sel T matang yang dapat menyerang HIV dalam jaringan di mana virus berada.

Dalam serangkaian tes pada perifer plasma tikus, darah, dan organ, para peneliti menemukan bahwa jumlah sel T helper 'CD4 yang terinfeksi HIV mati. Akibatnya, tingkat HIV dalam darah menurun.

"Kami percaya bahwa studi ini meletakkan dasar bagi potensi penggunaan dalam memerangi infeksi HIV pada orang yang terinfeksi. Ada harapan lewat penelitian ini untuk memberantas virus HIV dari tubuh," kata Scott Kitchen, aasisten profesor kedokteran UCLA.

Penelitian ini memberikan harapan baru bahwa penyalit mematikan HIV/AID ternyata ada obatnya. Jika pengobatan cara ini berhasil dilakukan, para penderita HIV bisa diselamatkan.

sumber: http://kesehatan.liputan6.com/read/388268/peneliti-temukan-sel-induk-pembunuh-hivpeneliti-temukan-sel-induk-pembunuh-hiv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar