Makan Rumput Laut Dapat Menyebabkan Kanker

Makan Rumput Laut Dapat Menyebabkan KankerMakan Rumput Laut Dapat Menyebabkan Kanker. Segala sesuatu pasti punya dampak negatif kalau sudah berlebihan. Demikian juga rumput laut, meski banyak manfaatnya tapi kalau berlebihan bisa memicu kanker tiroid seperti yang terungkap dalam sebuah penelitian terbaru di Jepang.

Peneltian yang dilakukan selama 14 tahun tersebut melibatkan 53.000 perempuan Jepang berusia 40-69 tahun. Selama penelitian tersebut, 134 partisipan mengalami kanker tiroid termasuk 113 orang yang tekena bentuk paling umum dari penyakit ini yaitu papillary carcinoma.

Ketika dibandingkan dengan kebiasaan makan rumput laut, para peneliti menemukan adanya hubungan dengan risiko terkena kanker tiroid. Perempuan yang mengonsumsi makanan ini setiap hari memiliki risiko kanker tiroid 1,7 kali lebih besar dibanding yang hanya makan rumput laut 2 kali seminggu.

Risikonya semakin meningkat apabila perempuan itu sudah memasuki usia menopause. Konsumsi rumput laut setiap hari pada perempuan yang sudah menopause meningkatkan risiko kanker tiroid sebesar 3,8 kali lipat dibandingkan perempuan di usia subur subur.

"Konsumsi rumput laut setiap hari jelas berhubungan dengan peningkatan risiko papillary carcinoma," tulis para peneliti dari National Cancer Center dan National Institute for Environmental Studies dalam kesimpulannya, seperti dikutip dari NYDailynews, Jumat (13/4/2012).

Belum diketahui pasti apa yang memicu peningkatan risiko kanker tiroid pada para partisipan yang rutin mengonsumsi rumput laut. Namun para ahli menduga, peningkatan ini berhubungan dengan kandungan iodine yang terdapat pada berbagai spesies rumput laut.

Penelitian ini juga tidak mengungkap seberapa banyak rumput laut yang dikonsumsi, melainkan hanya frekuensinya. Namun secara kultural perempuan Jepang memang dikenal memiliki kebiasaan makan rumput laut secara rutin dan bahkan cenderung berlebihan.

Intinya, boleh makan rumput laut asal jangan berlebihan.

sumber: http://health.detik.com/read/2012/04/13/105844/1891595/763/terlalu-banyak-makan-rumput-laut-bisa-bikin-kanker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar